Jun 7, 2010

Benarkah Terung Belanda Menambah Darah ??

Bila jalan-jalan ke kampung saya Medan janganlah lupa berkunjung ke  Brastagi, Sumatera Utara, pastilah anda melihat banyak terung belanda di mana-mana, buah itu merupakan  khas daerah tersebut. Selain bentuk dan warna menarik, terung belanda memiliki rasa yang enak dan segar, sehingga sering juga diolah menjadi jus atau minuman lain. 

Tetapi ada pertanyaan yang mengusik saya "Apakah Terung Belanda dapat Menambah Darah ??"
Untuk itu marilah kita coba mencari tau yang sebenarnya......


Terung belanda atau Tamarillo berbeda dibandingkan terung sayur yang biasa kita makan. 
Seingat saya bentuknya seperti tomat, tetapi lebih lonjong. Warnanya ada yang ungu gelap, merah darah, oranye, atau kuning, dengan garis-garis memanjang yang tidak begitu kelihatan.



Rasanya seperti kombinasi buah tomat dan jambu biji. Buah ini jarang dikonsumsi segar karena rasa asam manisnya yang menyengat dan kuat sekali. Biasanya dibuat jus atau dimasak seperti sayur asam pedas.
 
Menurut Kumalaningsih (2006) terung belanda mengandung betakaroten yang cukup baik, mencapai 50 mg per 100 gram buah. Kadar tersebut sudah cukup tinggi untuk berperan sebagai sumber antioksidan alami. Kebutuhan betakaroten per hari hanya sekitar 3-6 mg.
 

Betakaroten adalah salah satu  karotenoid yang terdapat pada buah berwarna hijau tua atau kuning tua. 
Ditubuh, betakaroten diubah jadi vitamin A. Namun, betakaroten dikonversikan jadi vitamin A secukupnya. Sisanya akan tersimpan dalam bentuk betakaroten saja. 
Betakaroten juga merupakan antioksidan yang sangat efektif dibandingkan komponen-komponen lain.

Nih kita masuk ke bagian penting, baca baik-baik 
Karena pada Terung belanda terkandung vitamin A maka,
" Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata, juga meningkatkan imunitas tubuh. Hal tersebut dimungkinkan karena vitamin A dapat meningkatkan fungsi sel darah putih, baik sebagai antibodi maupun antivirus."
Jadi menurut penelitian saya sendiri, terung belanda mampu meningkatkan pembentukan sel darah putih, bukan menambah darah, "Tapi saya ingatkan sekali lagi ini belum pasti dan hanya perkiraan saja, maaf, kalau salah ya mohon maaf"
Menurut saya terung belanda lebih tepat ke arah antioksidan, sekali lagi maaf


Seperti pada buah lain, terung belanda mengandung serat cukup baik, 2 persen serat atau 2 gram per 100 gram buah.Serat penting untuk pencernaan karena menyerap air dan melunakkan feses (tinja). 
Juga mencegah penyakit jantung koroner karena dapat mencegah kegemukan, penggumpalan darah.

 
Terung belanda juga sumber vitamin E. Kebutuhan tubuh akan vitamin E sekitar 8-10 mg per hari. 

Vitamin E mencegah oksidasi zat lain. Itulah sebabnya vitamin tersebut diberi julukan sebagai antioksidan primer. Radikal bebas yang sangat berbahaya dapat dihasilkan dari oksidasi zat lemak dan bisa menimbulkan penyakit kanker. Bila di dalam tubuh kita terdapat cukup vitamin E, oksidasi lemak tersebut tidak akan terjadi.
 

Biasanya terung belanda dijual dalam keadaan setengah matang. Buah akan matang setelah disimpan beberapa hari. Ditandai adanya perubahan warna, bau, tekstur, rasa. Namun, umur penyimpanannya terbatas. Pada kondisi penyimpanan yang baik, dapat dikonsumsi segar hingga 14 hari. Setelah itu terjadi pembusukan dan akhirnya tidak layak dikonsumsi.



Bagi yang mengetahui secara pasti saya persilahkan untuk memberi komentar pada kotak komentar di bawah

Orang usil dari Barat
Sumber bantuan : CBN portal, dengan sedikit peru
bahan

3 comments:

healthy live said...

oh...ini yg namanya terong belanda ..
baru tau..udah pernah beli wkt di bedugul,bali
tapi gak dimakan cz g enak...
ni buah biar enak dimakan kudu diapaain dlu yah

Yorikho said...

Thanks sudah komen.
Buah ini akan lebih enak jikalau di Jus dulu, campur gula sedikit atau bisa di variasi dengan mencampur Madu (ini cara saya, heheh)

Azza Shop said...

dijuice pake susu enak banget. pernah dibuatin sama ipar. kebetulan dari daerah istrinya alahan panjang sumatera barat

Post a Comment















Berbagi disini

Enter your email address:

Oleh FeedBurner

 
© CopyrightDevanjer
_